Pengikut

RSS

E-commerce


E-COMMERCE
Istilah E-commerce baru  beberapa tahun terakhir mendapat perhatian, sebenarnya E-commerce telah telah ada bentuk selama lebih dari 20 tahun.  Di masa lalu, dunia bisnis bias melakukan aktivitas antara satu dengan yg lainnya melalui jaringan khusus,tapi pertumbuhan drastis dr internet telah mengubah paradigma tersebut dan akhirnya menjadi lebih luas. Bias di lakukan oleh pendatang baru dengan skala Internasional.
Istilah E-commerce bias di artikan berbeda-beda oleh setiap orang, yg penting untuk di mengerti adalah persamaan-persamaanya : e-commerce melibatkan lebih dr satu perusahaan,dapat di aplikasikan oleh pembisnis .
E-commerce dapat kita gunakan untuk menjual dan memasarkan produk-produknya , sebagai contoh : perusahaan computer,shopping.
Cara pembayaran pada e-commerce dilakukan melalui transfer uang secara digital melalui  account paypal  atau kartu kredit. Sedangkan e-bisnis mengacu pada Internet tapi jangkauannya lebih luas.
Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut:
1.   Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2.   Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3.   Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)

Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Manfaat E-Commerce :
· Revenue stream baru
· Market exposure, melebarkan jangkauan
· Menurunkan biaya
· Memperpendek waktu product cycle
· Meningkatkan customer loyality
· Meningkatkan value chain


Kelemahan E-Commerce

- Isu security
-  Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas
  kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web
  site sampai dengan pencurian data.
-  Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
-  Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
-  No cash payment.
-  Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi
  perkembangan e-commerce.
-  Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak
  melihat langsung barang yang akan dibelinya.
-  Meskipun banyak hambatan, e-commerce tidak dapat dihindari karena
  merupakan tuntutan dari masyarakat
-  Masih banyak peluang dalam e-commerce
-  Masih banyak hambatan. Namun hambatan bisa diubah menjadi peluang

 ISTILAH-ISTILAH DALAM E-COMMERCE
-          E-BUSINESS
-          E-CASH
-          CURRENCY
-          E-MONEY
-          E-PURSE
-          E-GOODS
-          E-BANKING
-          E-MARKETING
SUMBER:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar